IP Bidikmisi di Bawah Standart?

(sumber gambar: www.hipwee.com )


IPK untuk perpanjangan bidikmisi tak sampai standart?

sedih? pasti! kecewa? pasti1
kecewa? kecewa pada siapa? diri sendiri bukan?

Bidikmisi adalah adalah beasiswa dari pemerintah untuk mahasiswa yang kurang mampu. Untuk saat ini (2016) besarnya uang yang didapat mahasiswa bidikmisi perorang adalah Rp. 1 juta  dan bebas uang kuliah. 1 juta di sini tidak langsung diberikan kepada mahasiswa namun masih ada potongan biaya untuk almamaternya. kebanyakan mahasiswa menerima uang dikisaran 650 ribu, walau ada almamater yang memberi sampai 950 ribu (ITB). Tergantung Almamater mengambil berapa.

Selain besarnya uang yang diterima setiap tahunnya berbeda, besarnya IPK yang menjadi standart berlangsungnya beasiswapun berbeda setiap Almamaternya. seperti contoh: ITB mematok standart IP 2,5. UNDIP mematok standart IP 2,75 dll. besar dan kecilnya standart IPK ditentukan sulit-atau mudahnya belajar di Almamater yang bersangkutan.

Jika IPK di bawah standart bagaimana?
Hal pertama yang yang harus dilakukan adalah  tenang dan jangan panik. Kedua, berjanji pada diri sendiri dan orang tua jika akan  bersungguh-sungguh semester depan. Ketiga, tetap baca tulisan ini sampai kelar.

Jadi jika IPK di bawah standart, bersiaplah menerima surat cinta (Surat Peringatan) dari lembaga kemahasiswaan Almamater. Stop! Jangan panik! SP (Surat Peringatan) ini jumlahnya ada tiga untuk setiap orang. Jadi, diusahakan IP jangan di bawah standart sampai 3 kali. Karena jika itu terjadi, tamat sudah uang bulanan yang didapat selama imi.

Sedikit saran: Jika IP di bawah standart jangan sungkan-sungkan untuk mengadu pada kakak tingkat baik hati penerima Bidikmisi. Siapa tau nanti dapat cerita menghibur bagaimana dia atau temannya dulu mendapat IP di bawah standar dan akhirnya bisa tetap bertahan karna berusaha dan belajar sungguh-sungguh.

Cukup sekian, good luck :) 

Bandung, 10 Februari 2016
Nahayuka

No comments:

Powered by Blogger.