Mengintip American Corner Di ITB

Poster di American Corner ITB
 Sebelum aku bercerita, simak ulasan mengenai America Corners dari Wikipedia di bawah ini.

Pojok Amerika (American Corners)

Pada tahun 2002 PAS berinisiatif untuk mendirikan American Corner sebagai bagian dari kerjasama KBAS dengan institusi negara/ universitas-universitas di Indonesia. American Corners, pertama kali dibuka di Indonesia pada tanggal 18 Maret 2004 bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Jakarta, adalah salah
satu cara untuk berkenalan dengan komunitas universitas dan masyarakat umum di Jakarta.
American Corners juga berfungsi sebagai pos-pos informasi yang menyerupai jasa perpustakaan umum, yang mengkhususkan diri pada referensi perpustakaan umum yang menyediakan akses pada informasi tentang Amerika dengan akses internet yang diawasi, produk-produk audio dan video, CD, CD-ROM, dan basis data EbscoHost.
Amerika Serikat sejak dahulu telah berkomitmen untuk menyebar luaskan ide dan nilai nilai demokrasi Amerika dan kekuatan sipil untuk khalayak asing dan mantap untuk membuka diri padaSelatan.

 terbuka dengan masyarakat dunia.
Tujuan dari American Corners adalah untuk menyajikan cerita dan kejadian nyata di Amerika kepada khalayak, dan berharap bahwa tayangan tentang kejadian-kejadian nyata tersebut akan menepis anggapan negatif tentang Amerika, membuka jalan untuk melakukan dialog terbuka dan terbangunnya jembatan pengertian antar kedua negara.
Lokasi ke-11 American Corners adalah:
• UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
• Universitas Indonesia , Jakarta
• Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
• IAIN Walisongo Semarang, Central Java
• Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur
• IAIN Sumatera Utara, Medan
• Universitas Sumatera Utara, Medan
• Universitas NSP     ax.    s a. nuddin , Makassar, Sulawesi Selatan

Nah! Lantas seperti apa Amerika Corners yang ada di Institut Tekhnologi Bandung? Chekidooooot...

Jadi awalnya ke ruang komputer di perpustakaan, karna jam menunjuk pukul 12.00 dan para pegawai perpus berhak istirahat, ruang komputer harus ditutup selama satu jam. 

Karna bingung mau kemana dan Amerika Corner tepat berada di sebelah ruang komputer jadilah iseng masuk kesana. Dan ternyata ...  Ada komputer di amerika corner, Apple lagi. Parah sih sebenarnya. Sudah mengenal perpus selama 2 semester baru tau kalau di sana ada komputer apple yang bisa digunain walau jarum jam menunjuk pukul 12.00. 

Jadilah daku main komputer di sana. 

Aksis sebentar hehe


Oh ya, buku di Amerika Corner berbahasa inggris semua. Kebanyakan tentang sejarah Amerika dan hal-hal yang berhubungan dengan Amerika

Salah satu buku di American Corner

Ada deretan foto-foto Presiden Amerika yang di pasang di sana.

Foto Presiden Barack Obama

Ada juga monopoli dan permainan-permainan lain yang entah apa namanya. Sekedar bocoran, kebanyakan anak berkunjung ke America Corner hanya untuk bermain monopoli dan permainan lainnya. Entahlah! Mungkinkah semua permainan itu asli berasal dari Amerika?

Beberapa permainan yang tersedia

Mereka bukan lagi baca buku, tapi lagi main monopoli.
Oh ya, di America Corner ada buku bersampul wow yang sangat langka di temui di perpustakaan instansi pendidikan di Indoneaia.

Salah satu majalah di American Corner

Maklumi sajalah. Namanya juga daerah amerika. So ... Itu wajar saja adanya.

Ok. Cukup sekian dan jangan lupa untuk berkunjung di Amerika Corner terdekat di daerahmu. See youuu.

Bandung, 4 April 2016
Nahayuka

No comments:

Powered by Blogger.