Mahasiswa Baru ITB? Ini Daftar Mata Kuliah Yang Akan Kamu Dapatkan

Menjadi mahasiswa ITB tentunya adalah sebuah anugrah yang patut disyukuri karna ITB sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indoneisia. Sudah jadi rahasia umum jika tingkat kesulitan belajar di ITB lebih tinggi dibanding dengan perguruan tinggi lainya. Lantas seperti apa pelajaran yang akan di dapat mahasiswanya di tingkat pertama?


Sebelumnya, tingkat pertama di ITB di sebut TPB (Tahap Persiapan Bersama) di masa TPB, mahasiswa belum memiliki jurusan. Mereka masih dalam satu Fakultas. Penjurusan akan diberlakukan di tingkat ke-2. Untuk bisa masuk ke jurusan yang di-inginkan, mahasiswa diwajibkan mengisi kuisoner penjurusan sebanyak 3 kali. Pilihan kuisioner ini yang akan digunakan untuk menentukan dijurusan mana kalian akan ditempatkan (selain melalui persaingan IPK tentunya.)

Berikut Matakuliah yang akan didapat mahasiswa TBP ITB selain Fakultas FSRD dan SBM. Di TPB, kamu tidak bisa memilih matakuliah ya. Matakuliah untuk anak TPB  sudah ditentukan pihak kampus. Baru setelah masuk jurusan kamu bisa memilih sendiri matakuliah dan bisa ikut berpartisipasi dalam Hunger Gamesnya anak ITB. (Baca juga: Rincian Lengkap Matakuliah TPB 2 Semester per Fakultas)

*Matakulaih untuk  2 semester
Matakulaih ini akan kamu dapatkan di semester 1 dan 2

1. Fisika Dasar
Matakuliah ini berbobot 4 SKS. Yang diajarkan adalah Fisika Dasar IIA dan IIB ditambah praktikum 2 minggu sekali dengan bobot nilai 20 %. UTS untuk matkul ini nilainya  berbobot 60% dan tugas 10%. Jangan sekali-kali meremehkan Praktiku walau bobot nilainya hanya 20%. Karena jika tidak lulus praktikum, walau nilai UTS A, nilai akhir fisika dasar kamu akan E yang berarti kamu gagal matkul fisika dasar dan harus mengulang di tahun depan. So ... jangan sekali-kali absen praktikum jika alasannya tidak benar-benar penting.

2. Kimia Dasar
Mata kuliah ini bobotnya 3 SKS ditambah Praktikum 2 minggu sekali. Nilai UTS bobotnya 80%, Praktikum 10% dan tugas atau PR 10%. Seperti halnya Praktikum di Fisika Dasar, kamu juga jangan sampai meremehkan praktikum Kimia dasar walau bobotnya hanya 10%. Jika tak lulus praktikum ini, Nilai akhir kimia dasar kamu otomatis akan langsung E yang bebarti harus mengulang semester tahun depan.

3. Matematika
Tenang, Matkul 4 SKS ini gak ada praktikumnya kok. Jadi nilainya 90% berasal dari UTS dan 10% dari tugas atau PR.

4. Pengantar Rekayasa dan Desain (PRD)
kalau yang ini bobotnya cuma 2 sks. Di matkul ini, kamu akan selalu bekerja dalam tim, disuruh membuat benda-benda atau pemikiran inovatif untuk mempermudah pekerjaan manusia.

*Matakulaih 1 semester.
Mata kuliah ini hanya akan kamu dapatkan di semester 1 atau semester 2. Bobotnya 2 SKS semua.

5. Tata Tulis Karya Ilmiah
Di matkul ini, kamu akan disuruh membuat Karya ilmiah bersama satu tim (3 orang) selama satu semester. Jangan berfikir nyadur karya tulis orang ya ... resikonya bisa fatal.

6. Bahasa Inggris.
Waktu awal-awal masuk ITB, kamu pasti diwajibkan mengikuti tes bahasa inggris kan? Nah ... hasil dari tes itulah yang akan menentukan level kelas bahasa inggris yang akan kamu dapatkan. Ada 3 level kelas. Level tertinggi adalah kelas Writing disusul dengan kelas Presentation dan kelas Reading. Jadi kalau bahasa inggris kamu masih belepotan, bersiap-siaplah masuk kelas Reading.

7. Penganalan Teknologi Informasi (PTI)
di PTI ini kamu akan dikenalkan bahasa pemrograman C . ditambah praktikum 2 minggu sekali.

8. Olahraga
Disini, selain mengikuti ujian tulis, kamu diwajibkan mengikuti praktikum lari 2,4 KM dan renang.
Gak bisa lari? obesitas dan penyakit yang gak boleh lari? tenang saja, kamu bakal dilarang lari dan diwajibkan praktikum jalan kalau begitu. Gak bisa renang? tenang saja, ada 3 tipe kolam renang. kolam A, B, C. Buat yang gak bisa renang, cukup loncat ke kolam C yang dalamnya cuma 1 meter dan nilai praktikum renang kamu yang bobotnya 10% bakal ikut C.

9. Pengantar Keilmuan Fakultas.
DI matkul ini, kamu akan dijabarkan mengenai jurusan-jurusan yang ada di fakultas kamu sebagai bahan pertimbangan mengisi kuisioner jurusan.

Note:
SKS adalah jumlam jam yang digunakan untuk mnerima matakulaih per minggunya.
contoh:
Matematika 4 SKS, berarti dalam seminggu, kamu ada 4 jam pertemuan matakulaih Matematika.

SKS juga mempengaruhi perhitungan nilai. Sebagai contoh untuk tiga mata kuliah.
1. Matakuliah Matematika 4 SKS dapat nilai A (A bernilai 4)
2. Kimia 3 SKS dapat nilai AB (AB bernilai 3,5)
3. Olah raga 2 SKS dapat nilai B (B bernilai 3)

Jadi perhitungan IPnya
Total SKS = 4 3 2 = 9 SKS
Nilai= (4 x 4 SKS) (3,5 x 3 SKS) (3 x 2 SKS) = 32,5
Nilai Akhir = Nilai / Total SKS = 32,5/9=3,611

jadi, IPnya adalah 3,611
Selamat .... kamu Cumlaud!!! Karna batas nilai kumlaud adalah >3,5

Bandung, 26 Mei 2016
Nahayuka


Yuk ... coba kerjakan soal ujian TPB ITB dan buktikan kamu pantas jadi anak ITB. Download soalnya di sini

No comments:

Powered by Blogger.