Bahasa Inggris di Dunia Perkuliahan ... Penting?

"Mbak, sepenting apa bahasa inggris dalam dunia perkuliahan nantinya?"

Begitulah pertanyaan yang dilontarkan adik kelasku beberapa hari lalu.

"Tergantung kuliah dan kerjanya nanti di mana," jawabku kala itu.

Yang pertama tergantung kuliahnya di mana. Seperti contoh jika kuliah di Sekolah Bisnis manajemen ITB, bahasa inggris sangat-sangat penting karna beberapa dosen memang ada yang berasal dari luar negeri. Pelajaran dalam kelas menggunakan bahasa inggris (mungkin juga bukan cuma di ITB). Di jurusan lainnya di ITB seperti fisika atau perminyakan memang sedikit tidak penting (sangat sedikit) walau pengajaran dalam kelas memang tidak menggunakan bahasa inggris, tapi buku-buku pegangannya di tulis menggunakan bahasa inggris.

Bagi mahasiswa, kesempatan mengikuti study banding atau pertukaran pelajar ke luar negeri hanya bisa diikuti oleh mereka yang bisa bahasa inggris. (Ini karna ITB sendiri sangat sering mengirim mahasiswanya ke luar negeri) kalau di kampus lain saya tidak tahu.

Jika kuliah di jurusan sastra indo atau pendidikan guru SD, SMP, SMA, bidan dan yang lainnya (yang tidak dapat saya sebutkan) mungkin juga sedikit tidak penting
(Saya tidak berani menyebut tidak  penting: menyangkut tempat)

Yang kedua tempat kerja. Yah seperti yang sudah kita tahu, MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)  sudah di depan mata. Selama ini yang saya tahu, salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan seminimal kelas nasional dan keatasnya (di posisi tertentu yang sesuai dengan lulusan sarjana keatas) setidaknya bisa bahasa inggris secara standart.

Berbeda pula jika kerjanya nanti di lingkup kota kecil ataupun desa. Seperti contoh bekerja di desa Bantengmati, kerja di kec. Mijen atau kab. Demak. Bahasa inggris mungkin sangat tidak penting. Walau beberapa posisi penting (seperti pemimpin) harus bisa b.inggris.

Contohnya lagi seorang guru mungkin tidak perlu menguasai bahasa inggris jika kerjanya di lingkup desa atau kota kecil dengan sekolah standart nasional biasa. Tapi jika kerjanya di sekolah kelas atas bertaraf internasional, bahasa inggris menjadi suatu keharusan.

Yah, sudahlah sampai sini saja. Nanti kepanjangan pada malas baca :D

By: nahayuka
Demak, 15-01-2016

1 comment:

  1. Terimakasih infonya. Semoga peminat baca Indonesia meningkat agar Indonesia menjadi negara yang tak buta huruf dan tumbuh menjadi individu berwawasan.

    Ayo cek website kami di http://www.library.gunadarma.ac.id banyak kumpulan buku yang menarik untuk para pembaca

    ReplyDelete

Powered by Blogger.