Sok Tahu! Bukan Dia,Tapi Aku!

 

Sok tahu!
Bukan dia, tapi aku!

Siang tadi, aku dan dia keliling beberapa tempat fashion sebelum pulang ke kampung halaman.
Siang tadi panas, dan kami sudah berjalan kesana-kemari berjam-jam. Lelah? Pasti!

Singkat cerita, kami sudah puas berhubungan dengan fashion dan memutuskan membeli jajanan untuk oleh-oleh. Karna sepertinya tempatnya tidak jauh, kami jalan kaki saja.

Di sini, ada perbedaan pendapat kecil. Aku bilang kita ke kiri,  sedang dia bilang ke kanan saja. lebih dekat katanya. Yaaa ... karna aku tidak tau jalan yang dia maksut dan berniat ingin tau, akhirnya kita lewat kanan.

Kami berjalan beriringan. Dalam hati aku masih berguman, "Deketan lewat kiri aja tadi lho ..."
Di belokan pertama, dia kebingungan. Aku semakin kencang berguman, "Nah .. kan ... gak tau jalannya kaaan. Dibilangin tadi lewat kiri aja."

Kami belok, ternyata dia tidak yakin, akhirnya kami kembali lagi ke jalan utama. Aku semakin menjadi, "Lah .. kan .. nyasar. Duh! katanya tau jalannya. Sok tau sih."

Jalan ... jalan ... dan terus berjalan. Aku sudah kelelahan karna berangkatnya juga sudah lelah. Kami jalan beriringan, dengan dia yang ada di depan. "Nah itu, Nay," tunjuknya. "Deket kan?" tambahnya.

"Hmm ... iya yah." responku ... jujur. Setidaknya tidak sejauh yang aku bayangkan selama di perjalanan. Di titik ini, aku mengutuki diri sendiri kenapa tadi kebanyakan bergumam di perjalanan. 

Sok tahu!
Bukan dia, tapi aku!

Aku hanya tau kiri, sedang dia hanya tau kanan.
Aku mengalah dan mengikutinya ke kanan.
Selama perjalanan, aku meragukan pengetahuannya.
"Benarkah kanan lebih menjanjikan?" selidikku.
Ketidak percayaan terus mengikuti.
Aku terus bergumam, lalu terbayar penyesalan.
Kiriku ternyata tak sebaik kanan.
Dan aku su-uzon pada teman seperjalanan.
Sok tahu!
Bukan dia, tapi aku!

"Jika kamu tadi memaksakan lewat kiri, kamu tak akan tahu jika kanan juga memuaskan. Setidaknya, sok taumu bukan pemaksaan, Nay."

14 Juni 2017
Nahayuka

"Sok Tahu!  Bukan Dia,Tapi Aku!", Bagian 19 dalam 30 hari menulis
#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara

No comments:

Powered by Blogger.