Ternyata Hipnotis Banyak Mnfaatnya



Kata "hypnosis" pertama kali diperkenalkan oleh James Braid, seorang dokter ternama di Inggris yanghidup antara tahun 1795-1860. Hypnosis berasal dari kata "hypnos" yang merupakan nama dewa tidur orang Yunani. Namun perlu dipahami bahwa kondisi hypnosis tidaklah sama dengan tidur. saat tidur, seseorang tidak dapat mendengar dan mengerti maksut pekataan seseorang. Namun
dalam kondisi terhipnotis, seseorang masih dapat mendengar dan melakukan perintah.

Hipnotis banyak sekali jenis dan manfaatnya seperti, 

1. Hypnotherapy/ Clinical Hypnosis
Hipnotis jenis ini digunakan untuk penyembuhan gangguan mental dan gangguan  fisik. Hipnotis tidak mengobati gejala penyakit yang muncul namun menghilangkan penyebabnya. 

misal seseorang menderita nyeri kepala yang tak kunjung sembuh, obat penahan rasa sakit hanya akan menghilangkan rasa sakitnya untuk sementara. orang tak kunjung sembuh dengan cara itu. Obat hanya akan membuat ketergantungan, dengan hipnotis, sakit ini b9sa sembuh dengan cepat.

2. Medical and Dental hypnosis
adalah hypnotis yang digunakan dalam dunia medis atau kedokteran. digunakan terutama oleh dokter bedah untuk menciptakan efek anastasia tanpa obat bius. hal ini menguntungkan karna pasien tak harus berurusan dengan obat bius. Pada masa ketika obat bius belum ditemukan, seorang dokter bernama John Elliotson menggunakan hipnotis jenis ini untuk "membius" pasien yang akan dibedahnya.

3. Erotic Hypnosos/Hypnosex
Hipnotis juga dapat berperan dalam hal seksual. Hipnotis jenis ini digunakan untuk meningkatkan kualitas hubungan seks, 

4. Comedy Hypnosis
Comedy hipnosis digunakan untuk hiburan semata. Hipnotis jenis ini juga sering disebut hypnotis panggung karna dahulu, hipnotis ini ditampilkan di atas panngung. Namun sekarang hipnotis ini bisa ditampilkan di mana saja. Hipnotis jenis ini mudah dipelajari.

5. Forensic Hypnosis
Hipnotis jenis ini sering  digunakan polisi untuk menggali informasi dari saksi. Sanksi atau korban bisa menceritakan dengan sangat rinci kejadian yang dialaminya.  Hipnotis ini tidak bisa digunakan untuk mendapat pengakuan yang jujur dari pelaku kriminal, karna pelaku cenderung akan menolak dihipnotis dan dalam kondisi terhipnotispun, seseorang masih dapat berbohong. 

5. Methaphysical Hypnosis
Digunakan untuk meneliti berbagai fenomena metafisik seperti Out of body travel, ESP, Clairvayance, komunikasi dengan inner-self, meditasi, mengakses kekuatan super, dan tindakan metafisik lainnya.

Nah ... demikian manfaat hipnotis yang ternyata tak hanya digunakan sebagai senjata melakukan kejahatan seperti yang sering beredar.

Sumber: Pemahaman dasar Hypnotis, oleh : Indra Majid

No comments:

Powered by Blogger.