"Mentari" Lagu wajib Mahasswa ITB yang Membuatku Jatuh Hati



Mentari bernyala di sini !
Di sini di dalam hatiku….
Gemuruh apinya di sini.. !
Di sini di urat darahku….

Yah, mentari bernyala di hati kami, hati mahasiswa baru ITB yang tengah gembira-gembiranya karna bisa menjadi bagian dari Almamater ITB.

Pertama kali Nahayuka mendengar lagu itu adalah saat Matrikulasi Bidik Misi ITB, Selanjutnya, Nahayuka mendengar lagu itu waktu OSKM (ospek). Jujur, lagu itu benar-benar keren, mampu membuat kami jatuh hati pada kali pertama kami dengar lagu "Mentari".

Meskipun tembok yang tinggi mengurungku
Berlapis pagar duri sekitarku
Tak satu pun yang sanggup menghalangimu
Bernyala di dalam hatiku ….

Yah ... tak ada yang sanggup menghalangi langkah kami, langkah para Maba yang tengah semangat-semangatnya menyambut hari esok.

Lagu ini di ciptakan oleh Abah Iwan. Lagu ini adalah lagu perjuangan!
"Sekitar tahun 1970-an, beberapa kampus perguruan tinggi diduduki oleh kesewenang-wenangan kekuasaannya saat itu. Kami para warga kampus diusir paksa, yang berupaya bertahan diseret dan dipukul dengan popor senjata, dinaikkan ke atas mobil bak terbuka dan dijebloskan ke dalam ruang tahanan.
Namun, karena tidak terbukti tentang adanya niat dan rencana makar, akhirnya kami dibebaskan. 
Hal pertama yang kami lakukan setelah dibebaskan adalah kembali ke kampus. Tetapi ternyata kampus masih diduduki, dijaga dengan sangkur terhunus!
Saya dan teman-teman hanya bisa menunggu dan bahkan sampai tidur bermalam-malam di selokan kering di luar pagar kampus tercinta. Dalam peristiwa-peristiwa itulah lahir lagu Mentari!" Uangkap Abah Iwan.

Hari ini hari milikku !
Juga esok masih terbentang !
Dan mentari kan tetap bernyala…
Di sini, di urat darahku !!!

Nahayuka suka lagu ini! Liriknya indah kan?
"Kemudian lagu ini kami nyanyikan bersama-sama, dan kemudian lagu Mentariini menjadi semacam “lagu perjuangan” bagi teman-teman yang sedang memperjuangkan cita-cita kebaikannya." Tutup Abah Iwan.
Gara-gara lagu yang menyemangati mahasiswa itu Iwan sempat masuk penjara. Lagu ini sering ia nyanyikan bersama rekan-rekannya di Wanadri. Rupanya oleh mahasiswa-mahasiswa ITB yang juga anggota Wanadri , lagu ini diperkenalkan sebagai lagu perjuangan mahasiswa ITB.

_Nay_



No comments:

Powered by Blogger.