Good Bay Kanayakan. Kini Jadi Anak Kos!

diambil pada makrab perpisahan asrama

Tak terasa, sudah satu taun aku tinggal di Asrama. Yah! Kami, mahasiswa bidikmisi ITB memang diwajibkan tinggal di asrama selama TPB.

Sejujurnya, banyak keuntungan yang didapat selama tinggal di asrama. Keuntungan yang sulit bahkan tak akan didapat anak non asrama (read: anak kos)

Mulai dari teman sekamar tempat meminjam dan berkeluh kesah, tetangga kamar yang ratusan jumlahnya. Sampai kedisiplinan yang ditanamkan di sini.

Anak asrama, kita berangkat ke kampus bersama. Chat tetangga yang ratusan jumlahnya jika ada barang yang ketinggalan atau mau meminjam suatu hal. Menguntungkan.

Memang, banyak yang keberatan tinggal di asrama. Mulai dari prifasi karna satu kamar asrama dihuni 2-3 orang, hingga aturan-aturan yang wajib untuk di-ikuti.

Aku jamin, tak ada tempat tinggal (read: kos) yang lebih murah dari asrama. Di asrama kita cuma dibandrol Rp. 250.000 termasuk listrik dan air. Dengan fasilitas yang sama, harga tempat tinggal diluar asrama lebih dari Rp. 600.000 (Bandung sekitar ITB) lumayan bukan selisihnya?

Terlepas dari orang-orang yang tak nyaman tinggal di asrama, aku yakin jika diperbolehkan tinggal lagi, banyak sekali yang masih ingin menetap lebih lama. Karna banyaknya teman asrama tak bisa dijumpai di tempat lain.

Mei, adalah waktu untuk anak asrama bergegas pindah, melepas predikat anak asrama dan menggantinya jadi anak kos.

Begitu juga aku, mulai berkemas. Lalu saat ini pun, aku sendirian di kamar asrama. Dua teman sekamar sudah pindah beberapa hari lalu. Dan kamar tetanggapun mulai kosong satu persatu. 

Sepi? Pasti. Aku-pun mulai rindu dengan ramainya suasana asrama. Mungkin beginilah yang dirasakan anak Kos. Sendiri di kamar tak ada yang mengganggu.

Yah! Aku belum pernah jadi anak asrama sebelumnya. Belum juga pernah jadi anak kos sebelumnya. Jadi ... Wajar sebenarnya jika suasana kos terasa "sepi". Sepi ... Karna sebelumnya aku tinggal di asrama dengan dua orang teman di kamar. Mungkin, lain lagi ceritanya jika aku tinggal di kos dulu baru di asrama.

Good Bay, Asrama Kanayakan ITB. Terima kasih sudah jadi tempat tinggal yang nyaman plus murah untuk satu taun ini.

Bandung, 27 Mei 2016
Nahayuka

1 comment:

Powered by Blogger.