Secarik Pesan Dari Serpihan Puzzle ...



Berjuang untuk hidup yang indah itu layaknya menyusun serpihan puzzle. 

Ada banyak bagian yang harus digabungkan agar menjadi sesuatu yang enak dipandang. Seperti halnya hidup yang membutuhkan banyak komponen agar bisa gemilang.


Bisa saja, serpihan puzzle itu berbentuk sama, namun mereka tak bisa saling menggantikan tempat yang sebenarnya. Mungkin bisa dengan sedikit pemaksaan. Namun apa hasilnya akan menawan?
Dalam kehidupan, beberapa pilihan yang nampak serupa kerap menerpa. Walaupun begitu, hanya satu pilihan yang akhirnya benar-benar membuat gembira dan  berujar, "Terima kasih telah menuntunku untuk memilih ini, Tuhan".


Awalnya,  berat untuk memulai menyusunnya. Serpihan-serpihan yang nampak serupa dan begitu banyak jumlahnya sungguh membuat pening kepala. Namun dengan Kemauan kuat, Niat, dan Waktu, hal "berat" itu ternyata terlaksana juga.

Kebahagia dan Gemilang juga tak akan muncul dengan sendirinya. Kerja keras! semua tau jika ingin sukses membutuhkan itu. Ingat ... kerja keras juga butuh Kemauan kuat, Niat, dan Waktu!


Ditengah tengah menyusun puzzle, akan ada ucapan ... "Susah sekali!" lalu jeda beberapa saat karna tubuh dan fikiran seakan tak kuat. Ditambah lagi seruan dari orang sekitar, "Sudah berhenti! percuma ... tak akan bisa."

Dalam bekerja keras demi kehidupan yang diimpikan, beberapa cobaan akan  datang. Di suatu titik, akan tiba masanya pikiran akan memberi saran, "Ini sulit! sudah berhenti saja dan lakukan hal lain yang tak sesulit ini!" 

Namun karna diawali dengan kemauan dan Niat, kata "susah" tak mampu menghentikan langkah. Gambaran kepuasan dan kebahagian yang datang saat kerja keras terbayar akhirnya menguatkan langkah.

Malahan, semangat untuk menuntuskan "pekerjaan" akan semakin bergelora. Hingga muncul ide-ide gila agar kemauan cepat terlaksana. Tanpa terasa, sebagian pekerjaan telah terselesaikan. di masa itu akan keluar perkataan, "Wow ... sudah separuh lebih! sisanya pasti bisa!"


Yakinlah, ketika tujuan tercapai, kebahagia benar-benar akan datang. Di saat itu, tidak akan ada penyesalan telah 'terbuang' tenaga dan waktu. Malahan akan muncul perasaan senang yang tak tergambarkan hingga kebanggaan untuk menunjukkan pada orang sekitar, "Look! I can." dan akan hadir pula kesadaran jika ... "Aku tak selemah itu! Aku bisa!"



Kemauan kuat, Niat, dan Waktu! yakinlah, dengan tiga hal itu, keingin akan jadi kenyataan.

Note: Ku dedikasikan tulisan ini untuk Oya dan Fifi yang berambisi tinggi menyelesaikan puzzle dengan  serpihan yang jangan ditanya berapa jumlahnya. Tak lupa untuk Okta sebagai pelopor lahirnya kegiatan luar biasa ini!

Ada juga Nay yang dengan setia dan suka cita mengabadikan setiap momen berharga selama proses penyusunannya.

_Nay_

No comments:

Powered by Blogger.